Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Puasa Weton Dalam Islam

Namun ada juga puasa sunnah yang dikerjakan di waktu-waktu tertentu. Tapi puasa di hari kelahiran juga bukan berarti diharamkan sebab masih bisa dikategorikan puasa sunah secara umum.


Puasa Memang Baik Tapi Bagaimana Hukum Puasa Weton Atau Puasa Hari Lahir

Dengan kepercayaan itulah banyak masyarakat jawa banyak yang sering melakukan puasa weton atau puasa hari kelahiran karena mereka menyakini salah satu manfaat puasa weton yaitu untuk membuat kesehatan.

Puasa weton dalam islam. Amalan Puasa Weton merupakan ajaran mulia dari para leluhur guna menghayati dan menghargai kelahirannya diri kita ke alam dunia ini. Falsafah sederhana puasa weton ini adalah hari lahir merupakan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Namun demikian sebelum Islam masuk ke Indonesia ternyata nenek moyang kita juga dahulu sudah menjalankan puasa sebagai tirakat atau lelakon Kejawen.

Sebagian orang ada yang mengamalkan puasa hari kelahiran ini setiap bulannya. Namun puasa paling utama adalah pada hari Asyura yakni tanggal sepuluh pada bulan Muharram. Kalau pun melakukan puasa Weton ini tidak boleh diniatkan Nawaitu Shauma Weton sebab dalam Syariah kita belum ditemukan ijtihad semacam itu.

Umat Islam disunnahkan berpuasa minimal tiga kali dalam sebulan. Hukum Puasa Weton Menurut Islam. Namun sebelum itu di salah satu penjuru.

Adapun puasa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pada hari Senin BUKAN karena hari Senin adalah hari kelahiran beliau. Di sisi lain sangat penting untuk mengetahui hukum puasa di hari kelahiran sebelum mengamalkannya. Maksudnya puasa yang dilaksanakan nenek moyang kita.

Tata Cara Puasa Weton. Jadi pada hari tersebut kembali kita mengingat kasih Tuhan yang begitu besar dalam hidup kita. Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa hukum puasa weton adalah tidak boleh dikerjakan apabila dilakukan untuk mengharap ridha Allah SWT.

Menurutnya niat puasa weton ini tidak boleh diniatkan dengan nawaitu shauma weton sebab dalam syariah Islam belum ditemukan ijtihad semacam itu. Akan tetapi beliau berpuasa pada hari Senin karena di hari itulah amal setiap hamba dilaporkan kepada Allah dan beliau ingin agar ketika amal beliau dilaporkan beliau dalam keadaan berpuasa. Artinya jika dilakukan adalah boleh namun tidak ada janji berupa konsekuensi berupa pahala terhadap amalan puasa weton yang dilakukan.

Amalan Puasa Weton merupakan ajaran mulia dari para leluhur guna menghayati dan menghargai kelahirannya diri kita ke alam dunia ini. Berbeda dengan puasa ramadhan qadha kafarat dan puasa nazar yang merupakan puasa wajib ataupun. Falsafah sederhana puasa weton ini adalah hari lahir merupakan kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Namun dalam Islam juga ada beberapa puasa yang diharamkan juga. Puasa Weton Menurut Islam masih bersifat bukan sunnah namun juga tidak diharamkan maka kesumpulannya puasa Weton bersifat mubah. Puasa ini dilakukan dengan cara makan sahur dan buka seperti puasa senin kamis daud dan Ramadhan.

Puasa yang Diharamkan. Manfaat puasa weton sangat terkait dengan kesehatan tubuh khususnya organ pencernaan. Puasa tersebut dinamakan puasa weton atau wedhal.

Amalan Puasa Weton merupakan ajaran mulia dari para leluhur guna menghayati dan menghargai kelahirannya diri kita ke alam dunia ini. Karena puasa tersebut bukan merupakan macam macam puasa wajib dan sunnah. Dalam Islam umat muslim mengenal banyak sekali macam macam puasa sebagaimana merupakan ibadah wajib maupun sunnah yang dilakukan untuk mengharap pahala dan ridha dari Allah SWT.

Falsafah sederhana puasa weton ini adalah hari lahir merupakan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Cara Puasa Weton Dalam tradisi jawa seseorang yang melakukan puasa weton biasanya sedang melakukan sesuatu agar hajatnya lekas terkabul. Didalam ajaran agama Islam sendiri puasa weton tidak pernah di masukan dalam hukum wajib ataupun sunnah karena memang Allah SWT dan juga Rasulullah tidak pernah mengajarkannya.

Namun puasa lebih utama dilakukan pada ayyamul bidh yaitu. Meski demikian aliran Islam Kejawen meyakini puasa weton tidak hanya memburu pahala. Dalam ajaran islam sendiri memang tidak mengenal puasa weton namun yang namanya puasa yaitu suatu bentuk keprihatinan dan tirakat batin untuk meningkatkan energi spiritual dan memiliki kedekatan yang baik dengan Allah.

Tidak ada dalil yang memerintahkan atau menganjurkan puasa hari kelahiran. Kalau pun melakukan puasa Weton Jawa tidak boleh diniatkan Nawaitu Shauma Weton. Namun dia melanjutkan bahwa puasa weton juga bukan berarti diharamkan.

HIDAYATUNACOM Puasa weton Jawa atau puasa di hari kelahiran sejauh ini belum banyak ditemukan dalam kitab-kitab Fikih yang menyatakan sunah. Puasa Weton puasa di hari kelahiran sejauh ini belum banyak ditemukan dalam kitab-kitab Fikih yang menyatakan sunah. Begini Hukumnya Puasa Weton Jawa dalam Islam.

Kalau pun melakukan puasa Weton ini tidak boleh diniatkan Nawaitu Shauma Weton sebab dalam Syariah kita belum ditemukan ijtihad semacam itu. Jadi pada hari tersebut kembali kita mengingat kasih Tuhan yang begitu besar dalam hidup kita. Bila Anda bertanya apa hukumnya puasa wedal atau weton tersebut berikut penjelasannya.

Puasa weton ialah puasa pada hari kelahiran andasebagai contoh jika anda lahir pada hari senin legi maka anda memulai puasa pada hari sabtu paing sampai dengan selasa paingPada hari sabtu puasa di mulai jam 1630 dan berbuka pada jam 1800 dan pada hari berikutnya puasa seperti biasa dengan saur dan berbuka seperti puasa romadhonsebelum puasa di awali dengan. Berikut ini puasa yang diharamkan. Nah terlepas dari hukum tersebut para leluhur.

Ada banyak sekali ibadah puasa sunnah dalam agama Islam yang kita kenal. Jadi pada hari tersebut kembali kita mengingat kasih Tuhan yang begitu besar dalam hidup kita. Contohnya ialah puasa di hari kelahiran atau yang dikenal juga dengan istilah puasa weton bahasa Jawa artinya hari kelahiran dalam kalender Jawa.

Puasa ini dikenal dengan istilah Yaumu Asyura yang artinya hari pada tanggal kesepuluh bulan Muharram. Menurut falsafah Jawa puasa jenis ini termasuk sebagai puasa Kejawen bukan merupakan puasa wajib maupun puasa sunnah yang dikenal dalam agama Islam. Dalam kehidupan ada puasa yang dipercaya bisa menghilangkan kesialan weton lahirnya.

Niat puasa karena Allah di hari tersebut. Memang dalam ajaran agama islam tidak disebutkan tentang puasa kelahiran atau puasa weton. Puasa Hari Raya Idul Fitri.

Dalam ajaran Islam puasa wajib tidak hanya di bulan ramadhan saja. Namun ada salah satu hadist dhohir bahwa melakukan puasa weton diperbolehkan dan bersifat makhruh. Pantangan dan Larangan Puasa Weton Untuk Pengasihan.

Jenis-jenis puasa yang memang sudah terbukti secara islam dan ilmiah bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam Syariat kita belum ditemukan ijtihad semacam itu. Puasa weton merupakan puasa kejawen yang anda lakukan pada hari lahir berdasarkan kalender jawa.

Misalnya saja sedang ingin mendekati calon jodohnya agar usahanya laris atau sedang melakukan ujian ketenagakerjaan.


Puasa Memang Baik Tapi Bagaimana Hukum Puasa Weton Atau Puasa Hari Lahir


Puasa Islam Kejawen Dakwah Islami


Puasa Weton Niat Penjelasan Tujuan Tata Cara Beserta Arab Dan Latin